Nama :akhyu nur aji barkah
SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Topik Bahasan
|
:
|
Gaya belajar Aku Banget
|
B. Bidang
|
:
|
Bimbingan Belajar
|
C. Fungsi Layanan
|
:
|
Pelayanan dasar : classroom guidance
|
D. Tujuan Layanan
|
:
|
siswa mengetahui macam – macam gaya belajar.
siswa mampu mengembangkan materi di dalam atau
diluar sekolah.
|
E. Hasil yang ingin dicapai
|
:
|
Siswa dapat mengerti kemudian mengaplikansikan gaya
belajar mereka
|
F. Sasaran Layanan
|
:
|
Siswa kelas XI
|
G. Uraian Kegiatan
|
|
|
1. Uraian Materi layanan
|
:
|
1. Membuka kegiatan dengan doa
2. Mengabsen siswa apakah ada yang tidak masuk
tanpa alasan, ijin atau sakit.
3. Masuk ke materi dengan
menjelaskan materi tentang gaya belajar
4. Memberi kesempatan siswa
untuk bertanya.
5. Penutup
|
H. Waktu
|
:
|
45 menit
|
I.
Semester
|
:
|
Semester 1
|
J.
Tempat
|
:
|
SMA N 3 Bantul
|
K. Pelaksana
|
:
|
Dinar Budi Utami
|
L. Pihak yang diikut sertakan
|
:
|
-
|
M. Alat Dan Perlengkapan
|
:
|
White Board dan LCD
|
N. Rencana Penilaian
|
:
|
Siswa dapat mengerti dan memahami tentang gaya belajar
mereka.
|
O. Rencana Tindak Lanjut
|
:
|
|
Mengetahui
Dosen Pembimbing Perencana
Kegiatan
………………….. ……………………
Gaya Belajar Aku
…Banget…
Kebosanan
sering kali kita rasakan pada saat belajar, sehingga konsentrasi menjadi
berkurang. Hal itu disebabkan karena kita tidak merasa nyaman. Nah… dengan gaya
belajar yang kita sukai tentunya kita akan lebih merasa nyaman sehingga dapat
meningkatkan konsentrasi belajar.
Gaya belajar
itu apa?
Gaya belajar
adalah kecenderungan seseorang dalam menerima serta mengolah informasi (materi
pelajaran). Ada tiga macam gaya belajar antara lain :
1. Ciri-ciri
Pelajar Dengan Gaya Visual
·
Rapi dan teratur
·
Berbicara dengan cepat
·
Mampu membuat rencana jangka pendek dengan
baik
·
Teliti dan rinci
·
Mementingkan penampilan
·
Lebih mudah
mengingat apa yang dilihat daripada apa yang didengar
·
Mengingat sesuatu berdasarkan asosiasi visual
·
Memiliki kemampuan mengeja huruf dengan
sangat baik
·
Biasanya tidak mudah terganggu oleh keributan
atau suara berisik ketika sedang belajar
· Lebih mudah menerima instruksi tertulis.
· Merupakan pembaca yang cepat dan tekun
· Lebih suka membaca daripada mendengarkan
· Lebih suka mendemonstrasikan sesuatu daripada berpidato/berceramah
2. Ciri-ciri
Pelajar Dengan Tipe Auditorial
·
Sering berbicara sendiri ketika sedang
bekerja
·
Mudah terganggu oleh keributan atau suara
berisik
·
Lebih senang mendengarkan (dibacakan)
daripada membaca
·
Jika membaca maka lebih senang membaca dengan suara keras
·
Dapat mengulangi atau menirukan nada, irama
dan warna suara
·
Mengalami kesulitan untuk menuliskan sesuatu,
tetapi sangat pandai dalam bercerita
·
Berbicara dengan sangat fasih
·
Lebih menyukai seni musik dibandingkan seni
yang lainnya
·
Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa
yang didiskusikan daripada apa yang dilihat
·
Senang berbicara, berdiskusi dan menjelaskan sesuatu secara panjang lebar
·
Lebih pandai mengeja atau mengucapkan
kata-kata dengan keras daripada menuliskannya
·
Lebih suka humor atau gurauan lisan daripada
membaca buku humor/komik
·
Lebih pandai mengeja atau mengucapkan
kata-kata dengan keras daripada menuliskannya
·
Lebih suka humor atau gurauan lisan daripada membaca buku humor/komik
3. Ciri-ciri Pelajar Dengan Tipe Kinestetik
·
Berbicara dengan perlahan
·
Menanggapi perhatian fisik
·
Berdiri dekat ketika sedang berbicara dengan
orang lain
·
Banyak gerak fisik
·
Memiliki perkembangan otot yang baik
·
Belajar melalui praktek langsung atau manipulasi
·
Menghafalkan dengan cara berjalan atau
melihat langsung
·
Menggunakan jari untuk menunjuk kata yang
dibaca ketika sedang membaca
·
Banyak menggunakan bahasa tubuh (non verbal)
·
Tidak dapat duduk diam untuk waktu yang lama
·
Sulit membaca peta kecuali ia memang pernah
ke tempat tersebut
·
Menggunakan kata-kata yang mengandung aksi
·
Pada umumnya tulisannya jelek
·
Menyukai permainan yang menyibukkan (secara
fisik)
·
Ingin melakukan segala sesuatu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar